Kamis, 12 Januari 2012

PETUNJUK - SINGKAT- KEY - IN - RAS - (RENCANA - AKADEMIK - SEMESTER)

PETUNJUK SINGKAT KEY-IN RAS (RENCANA AKADEMIK SEMESTER)

Oleh: Agus Fadilla Sandi



Pengantar

  • Key-In RAS adalah kewajiban mahasiswa untuk memprogramkan sejumlah mata kuliah di setiap awal (menjelang) semester yang akan dijalani. Key-In RAS ini wajib dilakukan (meskipun sudah tutup teori) sampai dengan seorang mahasiswa dinyatakan lulus ujian tugas akhir (pendadaran).
  • Mata kuliah yang akan diprogramkan, TIDAK BOLEH melanggar mata kuliah prasyarat. Untuk mengambil mata kuliah berprasyarat, nilai minimal mata kuliah prasyaratnya adalah “D”, serta TIDAK BOLEH ADA TABRAKAN baik perkuliahan maupun ujian. (Manual atau Pedoman Jadwal Kuliah dan Ujian akan disediakan di Fotokopian Kampus FH UII pada saat menjelang dilaksanakan Key-In RAS, selambat-lambatnya “H-1”).
  • Jumlah (jatah) SKS yang boleh diprogramkan ditentukan oleh Indeks Prestasi Mahasiswa (IPS maupun IPK), yang secara otomatis akan tercantum dalam menu di UniSys (“Indeks Prestasi”), menjelang masa Key-In RAS di setiap semester.
  • Memilih mata kuliah, diutamakan untuk mengikuti daftar “Distribusi Mata Kuliah” semester saran (bebas memilih kelas), sepanjang tercantum di daftar Mata Kuliah yang ditawarkan pada semester yang akan berjalan (lihat manual jadwal kuliah).
  • Jumlah kepesertaan setiap kelas mata kuliah, dibatasi dengan kuota.
  • Untuk mempersiapkan diri, silahkan konsultasi kepada Dosen Pembimbing Akademik (DPA) masing-masing sesegera mungkin.
  • Untuk kenyamanan saudara, saudara harus terbiasa berinteraksi dengan UniSys dengan alamat: www.uii.ac.id (Ingat: Nilai Akhir Ujian Semester, Sejarah Pembayaran dan sebagainya hanya dapat dilihat melalui UniSys), TIDAK diumumkan secara manual.


Syarat Dapat Melakukan Key-In RAS

  • Lunas Pembayaran SPP untuk semester yang akan berjalan (Angsuran I untuk Semester Gasal dan Angsuran III untuk Semester Genap).
  • Batasan Waktu (masa kegiatan), dapat dilihat di Kalender Akademik atau Spanduk Pengumuman di fakultas.
  • Masa kegiatan tersebut, berlaku “ketat”, artinya TIDAK ADA Key-In RAS SUSULAN.


Persiapan Menjelang Key-In RAS

  • Siapkan sejumlah mata kuliah (lihat daftar semester saran), sesuaikan dengan jatah SKS saudara (terbaru) dan mata kuliah prasyaratnya. Sebagai bahan pertimbangan lainnya, saudara juga wajib melihat hasil Nilai Akhir Semester saudara sesegera mungkin (melalui UniSys).
  • Untuk menghindari kehabisan kuota, siapkan pula daftar mata kuliah alternatif!
  • Konsultasi dengan DPA masing-masing. HINDARI konsultasi jika tidak membawa Daftar Mata Kuliah yang akan diprogramkan.
  • Siapkan tempat (komputer) yang terkoneksi internet, dimana saudara akan melakukan Key-In RAS! (konsultasikan dengan Divisi SIM Fakultas).


Melakukan Key-In RAS
Asumsi bahwa saudara telah berada di depan komputer yang terhubung dengan jaringan internet (anjungan fakultas, anjungan universitas, PC di rumah, laptop, warnet, dsb).

  1. Akses website UII, dengan alamat www.uii.ac.id, sorot UniSys dan pilih atau klik “Login Mahasiswa” atau langsung ke www.unisys.uii.ac.id
  2. Masukkan User Id atau User name Anda, kemudian Password Anda, Klik “Login”.
  3. Pilih atau Klik Key-In RAS (lihat kelompok menu di sisi kiri).
  4. Pilih atau Inisial Mata Kuliah (misal: Pengantar Hukum Indonesia, maka pilih huruf “P”; As-Siyasah, maka pilih huruf “A”, dst) melalui Tabel “Indeks Mata Kuliah” atau dapat pula melalui “Indeks Hari” (hari perkuliahan suatu mata kuliah).
  5. Tunggu sejenak, kemudian akan muncul Daftar Mata Kuliah (pilihan butir 4 di atas) dan pilih atau klik Mata Kuliah yang akan saudara programkan.
  6. Tunggu sejenak, kemudian akan muncul rincian tabel nama kelas mata kuliah, termasuk kuota (kursi yang tersisa), jika masih ada, pada huruf kelas akan telihat warna biru dan dapat dipilih, sedangkan jika kuota telah penuh atau habis, maka huruf kelas akan terlihat redup dan tidak dapat dipilih!
  7. Pilih atau Klik kelas mata kuliah yang masih ada kuotanya (warna biru).
  8. Tunggu sejenak, akan muncul pesan “Data Tersimpan”.
  9. Ulangi langkah Nomor 4 (empat) s/d Nomor 8 di atas, untuk memasukkan Mata Kuliah lainnya. Demikian seterusnya sampai dengan mata kuliah yang akan saudara programkan benar-benar masuk.
  10. Pilih atau Klik “Isian RAS”, untuk memastikan atau melihat apakah RAS (mata kuliah) saudara sudah sesuai dengan yang akan diprogramkan!
  11. Jika sudah yakin, Pilih atau Klik Cetak RAS (bertujuan untuk mengunci isian RAS) dan hanya dapat diubah di masa revisi.
  12. Pilih atau Klik “Log Out”, setiap kali saudara selesai berinteraksi dengan UniSys. (JANGAN TINGGALKAN KOMPUTER, sebelum saudara yakin telah Log Out).


Referensi: Panduan Key-In RAS FH UII

1 komentar:

  1. This blog was... how do you say it? Relevant!!
    Finally I've found something that helped me. Thank you!


    my weblog search engine optimization ()

    BalasHapus