Rabu, 21 Desember 2011

APA - ITU - CINTA - ?

APA ITU CINTA?





Pembahasan cinta tak akan ada habisnya. Pembahasan cinta memang sangat penting dalam kehidupan, karena cinta merupakan esensi keindahan hidup. Tuhan yang Maha Cinta menciptakan kita semua yang ada di dunia ini atas dasar cinta. Orang tua melahirkan dan membesarkan kita juga atas dasar cinta. Berbagai hal indah dan spektakuler yang ada di dunia ini juga terwujud atas dasar cinta.



Apa itu cinta? Ini merupakan pertanyaan yang tidak akan diperoleh jawabannya secara pasti. Hampir tidak ada satu defenisi tunggal yang dapat menjelaskan makna cinta secara komprehensif dan dapat diterima oleh semua orang. Hal ini disebabkan oleh penjelmaan cinta yang senantiasa berbeda saat diketahui dan dirasakan oleh setiap orang.



Setiap orang memiliki defenisi cinta menurut pandangan dan pengalamannnya masing-masing. Ketika defenisi itu disampaikan kepada orang lain, belum tentu definisi tersebut dapat sesuai dan diterima dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa cinta memiliki banyak ‘wajah’ untuk didefinisikan, sehingga ia tidak dapat diwakilkan pada satu ‘wajah’ tertentu. Cinta bersifat sangat relatif dan sangat fluktuatif, sehingga ia perlu dibingkai dengan keyakinan (agama).



Apa itu cinta? Di dalam Oxford Illustrated American Dictionary, diuraikan defenisi cinta sebagai berikut,

“love represents a range of human emotions and experiences related to the senses of affection and sexual attraction."
Dari defenisi tersebut dapat dipahami bahwa cinta adalah sesuatu hal yang yang dapat merepresentasikan berbagai emosi dan pengalaman manusia yang berkaitan dengan indera kasih sayang dan daya tarik seksual. Adapun menurut para ahli, defenisi cinta dapat dijelaskan sebagai berikut:


Ilmuwan Fisika
Cinta adalah pantulan mata yang dibiaskan ke dalam hati.


Pakar Ekonomi
Cinta adalah kebebasan ekspresi rasa ketertarikan yang dibatasi oleh dana.


Guru Kesehatan
Kebahagiaan dalam menjalin cinta akan menimbulkan jasmani dan rohani
yang sehat, dan kegagalan dalam bercinta akan menimbulkan frustasi.


Guru Biologi
Cinta merupakan kebutuhan yang amat penting dalam perkembangan makhluk
hidup, bila tidak ada cinta maka makhluk hidup akan punah.


Dosen Bahasa Indonesia
Cinta merupakan kata benda pada hari biasa dan kata kerja pada malam minggu.


Dosen Elektronika
Cinta adalah rangkaian komponen yang dapat timbul dari pandangan pertama, perkenalan, jumpa pertama, lirikan dan saling bertemu.



Demikian berbagai definisi cinta yang telah diuraikan dalam kamus dan menurut para ahli. Indah dan terkadang juga susah senantiasa mewarnai makna dari cinta. Bahkan ada pepatah Arab yang mengatakan,

حُبُّكَ الشَّيْءَ يُعْمِي وَيُصِمُّ
yang artinya, “cintamu kepada sesuatu, menjadikanmu buta dan tuli.” Bahkan lebih dari itu, Nabi Muhammad SAW melalui hadistnya berpendapat bahwa orang yang sedang jatuh cinta cenderung selalu mengingat dan menyebut orang yang dicintainya (man ahabba syai’an katsura dzikruhu), dan tak jarang orang yang sedang jatuh cinta adalah budak oleh cintanya (man ahabba syai’an fa huwa `abduhu).




Lantas, apa itu cinta menurut anda? Semoga kita dapat memiliki cinta yang suci dalam bingkai yang suci pula. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar